(review buku Parenting Nabawiyyah, penulis Ustadz Budi Ashari Lc, pengasuh acara khalifah TransTV, founder Kuttab al Fatih, pakar sejarah Islam, ahli hadits lulusan Universitas Islam Madinah)

Usia Baligh adalah bagian dari rentetan waktu kehidupan. Semua yang dewasa akan melewatinya. Jenjang kehidupan ini mempunyai potensi sekaligus masalahnya. Tapi usia ini mendapatkan perhatian yang cukup besar, mengingat bahwa ini adalah jenjang usia peralihan.

Kalimat Syaikh Muhammad Quthub sangat jelas, pakar pendidikan Islam itu menyampaikan bahwa harus diakui, hari ini kita kalah dalam ilmu-ilmu detail dengan barat, tetapi tidak satupun nilai yang bisa kita ambil dari mereka.

Dalam berbagai perkuliahan, pelatihan, diskusi dan seminar para pengajar sering menampilkan data-data tentang kondisi remaja dengan berbagai permasalahan yang menakutkan. Remaja dipersepsi sebagai kelompok masyarakat yang berjiwa labil, mencari jati diri, sehingga dimaklumi untuk membuat berbagai kekacauan dan penyimpangan dalam hidupnya. Istilah pubertas pun menjadi legalitas bahwa remaja: wajar salah.

Sementara dalam sejarah Islam, para pemuda merupakan sosok pendobrak kebatilan, pemilik keberanian, cepat dalam bertindak serta memberikan kontribusi penuh dalam membangun peradaban Islam. Sejarah membuktikan bahwa pemuda Islam dapat menaklukkan Romawi dan Persia yang lama tak terkalahkan. Tentu terdapat perbedaan cara pandang dan penyikapan tentang remaja antara barat dan Islam.

Semua data yang dihadirkan kepada kita hari ini adalah data kerusakan masyarakat dan remaja di dunia barat. Sementara Indonesia dengan jumlah penduduk mayoritas muslim “dipaksa” mencontoh masalah dan mengambil solusi dari mereka. Tentunya, ini tidak tepat.

Mari saatnya kita belajar dari masyarakat di negeri muslim yang lebih mendekati permasalahannya dengan negeri kita. Memang tidak semua hal, namun sebagian besar lebih dekat dengan kita. Semua itu karena kita sama-sama MUSLIM. Maka, kini saatnya MEMINDAHKAN KIBLAT.

Yang tertarik membaca lebih dalam, silakan memesan via link berikut ini: Pesan Buku

Buku lain yang layak anda miliki, Mudah Berbahasa Arab, bisa dipesan melalui link di bawah ini:

Pesan buku Mudah Berbahasa Arab

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada manusia lainnya (Al Hadits)

Scroll to Top