Asosiasi dan Disasosiasi

Setiap orang mengalami tantangan ( masalah ) dari waktu ke waktu . cara pandang yang kreatif membuat kita dapat menempatkan tantangan ( masalah ) dalam perspektif dan kemudian menyelesaikannya tanpa harus stres atau kejengkelan dan amarah yang tidak perlu.

Lain kali jika kita sedang mengalami tantangan atau masalah apapun, ambillah posisi duduk senyaman mungkin dan rileklah . kita bisa pikirkan satu atau dua aktivitas yang sangat menyenangkan yang kita nikmati bersama teman atau keluarga akhir akhir ini . Begitu kita merasa sudah siap, pikirkan tantangan/(masalah ) yang sedang kita hadapi. Visualisasikan atau gambarkan dalam pikiran kita suatu adegan di mana masalah ini terjadi dan sudah berapa lama masalah ini terjadi .Amati masalah itu dengan sikap yang tidak memihak , seolah olah kita sedang menonton peristiwa itu terjadi pada orang lain di layar televisi . Begitu kita selesai menonton seluruh adegan , kembalilah ke awal dan amati sekali lagi.

Namun kali ini masalah telah di selesaikan dan kita sedang menontonnya di layar bioskop. Amati perbedaan antara kedua adegan tersebut ( adegan di layar televisi dan adegan di layar bioskop . Lihatlah apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut , jika ada orang lain yang terlibat dalam masalah ini kita dapat melihat adegan ini sekali lagi dari sudut pandang orang lain tersebut . Begitu kita merasa sudah mengetahui segala sesuatu yang di perlukan untuk menyelesaikan masalah , putar adegan itu lagi pada layar besar tetapi kali ini tambahkan warna, energi dan emosi.

Visualisasikan diri kita mengatasi masalah itu tanpa ketegangan dan stres . Begitu kita sudah siap bukalah mata kita ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT yang selalu ada untuk menjaga melindungi kita kapanpun. siap menyelesaikan tantangan ( masalah ) dengan cara terbaik tidak hanya untuk diri kita tetapi juga untuk setiap orang. Menjadi pribadi pemaaf itu lebih mulia dari apapun . Afirmasi positif yang bisa kita lakukan saat ada masalah adalah : aku percaya pada penilaianku dan percaya sepenuhnya terhadap diriku sendiri dan aku membuat keputusan positif terbaik setelah melakukan pemikiran dan penilaian yang cermat tidak dengan emosional.

Dalam NLP, teknik ini kita kenal dengan nama asosiasi dan dis-asosiasi.
ASOSIASI adalah kondisi di mana kita menjadi “aktor atau pelaku utama” suatu event atau kejadian, sedangkan DIS-ASOSIASI adalah kondisi di mana kita menjadi “observer/pengamat” suatu event atau kejadian.

EVENT/kejadian adalah kondisi di mana suatu peristiwa terjadi atau berlaku.

 

I-CAN Management (Indonesia Community of action Neurocreativity)

Program I-CAN :

Certified Practitioner Program < Certified NLP Program >

Grup Diskusi dan Sharing NLP < Grup Diskusi Telegram >

admin

Writer, business person, Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *