Gunakan Pengalaman dan Imajinasimu

USE YOUR OWN EXPERIENCE AND IMAGINATION
kepada murid kesayangannya Taki Kimura, Bruce lee mengirim surat dengan judul :

Use your own experience and Imagination

Gunakan Pengalaman dan Imajinasimu

seperti biasanya seorang guru dengan murid ingin sharing sesuatu hasil penemuan barunya dalam teknik pengajaran kungfu yang disebut Economy of Form hasil experience dan imajinasinya

ada 3 hal pokok dalam economy of Form :

1. synchronization of self
2. Synchronization with Opponent
3. Under Fighting Condition

Setelah dipraktekkan dan diajarkan kepada murid-muridnya, para murid senang dan antusias dalam setiap kelas latihan, mereka pun semakin mampu mengaplikasikan jurus-jurus kungfunya secara efektif dan efisien. Tidak perlu 10 jurus untuk menjatuhkan musuh kalau hanya dengan 2 jurus saja musuh dapat dilumpuhkan

Menarik disimak dari seorang yang telah mengalami proses belajar yang tidak mengenal lelah dalam mendapatkan dan menyelami ilmu beladiri bertahun tahun dari hari ke hari dari minggu ke minggu dan dari bulan ke bulan yaitu pelajaran apa yang dapat kita ambil dari raja kungfu Bruce lee (di jamannya) di atas dalam kehidupan nyata kita ?

Mari kita bedah satu per satu :

Pertama, belajar adalah pekerjaan seumur hidup. Berhenti belajar artinya mati
Kedua, Totalitas. Kalo sudah memilih jalurmu dalam kehidupan misal jalur berbisnis maka segenap pikiran harus kita curahkan untuk bisnis kita, bagaimana menghasilkan jasa/barang yang berkualitas, pelanggan puas, Kinerja karyawan Excellent. Jangan setengah-setengah. Sesuatu yang dikerjakan dengan setengah hati tidak akan menghasilkan sebuah karya besar yang dapat diwariskan ke anak cucu.
Ketiga, Hubungan guru murid adalah jangka panjang. murid bisa jadi TTM guru dalam arti positif. Saling memahami secara mendalam sehingga mampu menghasilkan terobosan besar dalam hubungan tersebut. Bruce lee selalu memikirkan cara pengajaran yang efektif untuk para murid-muridnya dan didiskusikan ke murid seniornya/partner/karyawan untuk menghasilkan kepuasan pelanggan (murid-muridnya) dan mentransfer quality kepada murid seniornya (SDM berkualitas)
Keempat, Jeet kune do aliran kungfu karya bruce lee mengajarkan 3 pemahaman penting yang saling berkaitan. pertama, pemahaman akan diri. Tanpa memahami siapa diri kita apa tujuan hidup kita maka hidup terasa stagnan/jumud. Ini juga berkenaan dengan kapasitas diri kekuatan, kelincahan, kelihaian dlaam menghadapi musuh/lawan.
Kedua, memahami lawan. siapa dia, apa kekuatan dan kelemahannya.
dan yang Ketiga adalah menghadapi Realita pertarungan sesungguhnya. Kita sudah tak bisa mengingat ingat siapa saya siapa lawan tapi kita harus otomatis/reflek merespon musuh/lawan dengan apa yang sudah melekat di dalam diri hasil memahami diri dan memahami lawan berhari hari, berbulan bulan bertahun tahun. Itulah ujiannya.

 

So Synchronize of self menuju kepada Synchronize with opponent dan muaranya adalah against reality and back to Synchronize of self -Synchronize with opponent (sebuah proses belajar tanpa akhir)

Learning is Constant Process Without End (Bruce lee)

 

Loading…

admin

Writer, business person, Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *