Rumah Konsultasi Keluarga

Posted on

Rumah Konsultasi Keluarga, Sebuah Upaya Pendidikan kepada Masyarakat Muslim

Rumah Konsultasi Keluarga adalah sebuah lembaga non formal yang berkhidmat kepada masyarakat luas untuk membantu permasalahan-permasalahan umum di masyarakat khususnya seputar permasalahan rumah tangga, pernikahan, perceraian, warisan, hak asuh anak dan sebagainya.

Dasar pemikiran kenapa harus dibentuk lembaga ini adalah karena seringnya terlihat dengan jelas di masyarakat kejadian-kejadian yang menyayat hati seputar permasalahan-permasalahan tersebut di atas. Hal ini di karenakan ketidak tahuan atau lemahnya pemahaman mereka terhadap agamanya sendiri. Padahal semua permasalahan di atas sudah diatur dengan jelas dan tegas di dalam Alquran dan Hadits, dan dijelaskan oleh para Imam Mazhab sebagai warisan bagi umat Islam kini. Masyarakat secara terpola dojauhkan dari agamanya sehingga abai akan amanah-amanah yang seharusnya mereka tunaikan kepada orang lain. Sebagai contoh misalnya tentang harta, terhadap keluarganya, istri, anak, ayah ibu, seorang anak/suami dari seorang istri atau beberapa istri harus transparan dan terbuka kepada mereka semua akan harta yang dimilikinya. Semua aset, uang, tanah, ruko, gedung dan lain sebagainya yang dimilikinya harus jelas diketahui oleh semua keluarganya terutama yang akan menjadi ahli warisnya saat dia meninggal lebih dahulu kelak. Jika tertutup dan tidak segera diberitahu semua keluarganya maka kelak saat takdir Allah memanggil dia lebih dahulu, maka pasti akan meninggalkan petaka bagi para ahli warisnya.

Mari kita bahas satu per satu permasalahan-permasalahan yang sering dan masih terus akan terjadi di masyarakat. Pertama adalah tentang poligami. Poligami adalah mulia jika semua prosesnya berjalan dengan apa yang telah dicontohkan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Akan menjadi petaka jika berjalan keluar jalur yang syar’i.

Rumah Konsultasi Keluarga

Gambar rumah di atas adalah rumah istri ke 2 dari seseorang yang meninggal. Kemudian menjadi rusak karena setelah kematian sang suami terjadi sengketa/perebutan aset yang ditinggalkan sang suami oleh istri pertamanya. Rumah yang ditempati oleh istri ke dua di klaim oleh istri pertama dan istri ke dua di usir dari rumahnya karena Sertifikat rumah istri ke dua dikuasai oleh istri pertama. Terjadilah Pendzoliman.

Kedua, mengenai pembagian warisan. Ditemukan sebuah tulisan besar tertulis di sebuah spanduk besar di sebuah lahan kosong. Tulisan tersebut berbunyi :

Tanah ini dibagi dengan tidak Adil

Hukum waris sedikit demi sedikit telah ditinggalkan oleh masyarakat Islam. Banyak kasus ketidakadilan yang terjadi saat pembagian waris. Ada seorang ahli waris karena merasa dia lah yang menjaga ayahnya/ibunya selama sakitnya, dia merasa bahwa hak waris dia lebih besar dan berhak atas sebagian besar harta yang ditinggalkan orangtuanya. Ada lagi kasus, karena pembagian harta waris tidak segera dibagikan akhirnya waktu terus bergulir dan akhirnya sang ahli warispun ada yang meninggal meninggalkan istri dan anak-anak. Karena sang istri adalah ipar bagi kakak/adik ahli lainnya maka sang istri merasa tidak enak atau ahli waris lainnya mengambil hak ahli waris lainnya karena dianggap sudah meninggal, padahal selamanya sebelum dibagikan masih ada hak bagi ahli waris yang meninggal tersebut dan turun menjadi istri dan anak-anak yang ditinggalkan.

Masih banyak lagi kasus-kasus serupa yang kaau dibukukan maka akan menjadi tersendiri dan berseri-seri pastinya. Ini semua bisa terjadi karena jauhnya kita dari Islam dan ajaran Islam yang notabene adalah agama yang dipeluknya, Na’uudzu billahi Min Dzaalik. Karena melihat banyaknya kasus kasus serupa seperti ini maka kami mendirikan Rumah Konsultasi diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menyelesaikan masalah khususnya seputar pernikahan, perceraian dan waris sesuai dengan Islam. Semoga upaya ini mengurangi permasalahan permasalahan umat yang ada dan memberi banyak pelajaran dan pengajaran kepada umat sehingga kembali kepada agamanya secara totalitas.

Pelayanan apa yang diberikan oleh Rumah Konsultasi Keluarga ini ? Demi upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan ini maka ada beberapa kegiatan yang kami berikan :

  1. Konsultasi Privat. Kami siap memberikan konsultasi kepada keluarga yang sedang bermasalah dan kami duduk sebagai pihak ketiga yang menengahi dan menyarankan sebuah solusi Islam
  2. Seminar/Workshop/kajian khusus untuk memberikan pemahaman dan wawasan seputar hukum-hukum perkawinan, percerain, warisan dalam Islam.

Sebagai langkah perdana ada 2 jenis pelayanan yang kami berikan. Semoga seiring berjalannya waktu dan SDM pun semakin berkembang mudah-mudahan kami dapat lebih banyak lagi membantu masyarakat dengan pelayanan-pelayanan lainnya.

Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan pelayanan kami, silahkan menghubungi  kami di nomor HP 0813 6377 2978. Rumah Konsultasi Keluarga alhamdulillah didukung oleh para ahli yang menguasai bidangnya. Semoga upaya ini menjadi amal baik bagi kami juga bagi masyarakat yang mau kembali kepada ajaran agamanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.