Maulid Nabi Menurut Dr Zakir Naik

Maulid Nabi Menurut Dr Zakir Naik

Posted on

 

Mengatakan haram untuk segala sesuatu yang tidak dilakukan Nabi Muhammad Rasulullah SAW adalah keliru. Rasulullah tidak paki kemeja, saya pakai kemeja. Apakah memakai kemeja haram ? Namun apa yang telah dilarang oleh Allah dan RasulNya lalu engkau melakukannya, itulah yang HARAM.

Maulid Nabi Menurut Dr Zakir Naik

Jika engkau mengamalkan sesuatu dalam agama yang tidak diperintahkan Allah dan tidak dianjurkan Nabi, yang tidak dijelaskan dalam Alquran dan Hadits Shahih, jika engkau melakukannya dalam agama maka itulah yang disebut bid’ah.

Maulid menurut Dr Zakir Naik

Misal, seseorang menambah-nambahkan dalam azan dan iqomah yang tidak dicontohkan Nabi. Jika engkau melakukan sesuatu dalam ibadah/agama sementara tidak dijelaskan dalam Alquran dan Hadits yang shahih, itulah bid’ah

Dalam Islam engkau melihat dalil Alquran dan hadits shahih dari Nabi Muhammad SAW

Rasulullah pun telah menyampaikan :
“Dalam perkara agamamu ambillah dari Alquran, jika tidak mendapatkannya maka ambillah dariku. Jika tidak mendapatkannya juga maka lihatlah perbuatan generasi shahabat. Kemudian generasi selanjutnya (tabi’in), kemudian generasi selanjutnya lagi (Atba’ut-tabi’in). 3 generasi ini dikenal dengan istilah Salaf ash sholih. Untuk mengerti Islam kalian harus merujuk kepada Alquran dan hadits yang shahih. Dan dalam memahami Alquran dan hadits yang shahih, orang yang paling mengerti tentang Alquran adalah Rasulullah, kemudian para shahabat.

Jadi hukum tertinggi yang pertama adalah Alquran, yang kedua perintah dari perkataan Rasulullah, berikutnya adalah perbuatan Rasulullah, kemudian pendapat dan perbuatan para shahabat, selanjutnya pendapat tabi’in dan atba’ut-tabi’in.

Terkait perayaan ulang tahun Nabi (Maulid), yaitu Maulid Nabi menurut Dr Zakir Naik, sepanjang pengetahuannya tidak ada dalam Alquran yang memerintahkan agar kita merayakan Maulid Nabi. Begitu juga dalam agama kristen, penganut kristen yang merayakan ulang tahun Yesus alaihissalaam (Natal), tidak ada bukti dalam injil bahwa yesus lahir pada tanggal 25 Desember. tu terkait ulangtahun “Putra Tuhan”. Dan tidak ada hadits yang menjelaskan agar kita merayakan Maulid Nabi. Khalifah yang 4 tidak melakukannya, Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali radhiallahu anhum, tidak ada yang merayakannya.

Jika engkau berkata :”Kami merayakannya karena cinta kepada Rasulullah”. Apakah kecintaan kalian sanggup melebihi cintanya para shahabat ? TIDAK

Seandainya ditimbang iman Abu Bakar dengan iman seluruh penduduk bumi, niscaya lebih berat imannya Abu Bakar (Assunnah Imam Ahmad Bin Hanbal Jilid 1 hal 378). Kecuali Nabi dan Rasul

Abu Bakar radhiallahu anhu tidak pernah merayakan Maulid Nabi, begitu juga Umar radhiallahu anhu tidak pernah merayakannya.

Apakah kita lebih baik dari mereka ? TIDAK

Tidak ada satu riwayatpun yang mengatakan para shahabat merayakan maulid, tunjukkan jika ada maka saya akan merayakannya. Baca QS 2:111

Itu adalah inovasi dalam beragama. Boleh berinovasi dalam urusan dunia tapi dilarang inovasi dalam urusan agama. Jika itu dilakukan berarti kalian telah memesan satu tempat di dalam neraka berdasarkan sabda Rasulullah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.