Rasulullah, Gamesmanship dalam Situasi Konflik

Posted on

Gamesmanship sejati Rasulullah, ternyatakan ketika di bulan Sya’ban tahun keempat terjadi peristiwa perang Badar Kecil (Badar kedua/Badar terakhir), yang tidak bisa disambut oleh Quraisy Makkah kendati Madinah telah menunggu selama 8 hari. Disebut perang beneran juga bukan, lantaran memang tidak ada pertempuran. Bukankah mengalahkan lawan tidak harus selalu meninju hidungnya? Nah, begitulah.Rasulullah, Gamesmanship dalam Situasi Konflik

Setengah tahun berikutnya (Rabi’ul Awwal 5 H) Quraisy terkaget-kaget dengan sepak terjang Madinah waktu mengadakan ekspedisi ke Daumatul Jandal (hampir ke perbatasan Syam). Mereka bertanya, apa yang dilakukan Muhammad dkk-nya ke Utara jazirah Arab itu, sedangkan Quraisy sedang tidak mengadakan rihlah ke Syam. Tidak mungkin Muhammad dkk-nya pergi begitu saja kalau tidak ada misi, hal ini sulit terbaca.

Padahal Rasulullah tentu tidak terinspirasi taktik kuda Troya zaman Yunani kuno itu kan.

Yes, gamesmanship sejati dalam contentious konflik. Nabi bisa membuat Makkah bertanya-tanya apa motif ekspedisi itu. Di mana misinya adalah menghajar para perampok kafilah dagang di utara jalur ke Syam itu, melambungkan citra Madinah sebagai penumpas kemungkaran (dengan menghajar para perampok) dan menjemput Sunnatullah karena amar ma’ruf nahi munkar adalah syarat berjayanya peradaban. Bukankah gamesmanship sejati sangat pandai menyembunyikan tujuan dari tindakan-tindakannya?

Kalau sudah begini, Yahudi dan Ghathafan hanya bisa menjelek-jelekkan dan memprovokasi saja lewat cibiran. Mengajak orang-orang agar tidak senang dengan Islam. Apa kabarnya Quraisy yang memang seteru Madinah? Mereka tak berdaya melawan peningkatan elektabilitas citra Madinah. Caranya hanya satu kala Madinah semakin kuat, ramai-ramai menyatukan kekuatan anti-Islam melawan Madinah.

Alhasil, perang Ahzab pun berkobar bulan Syawalnya.

*The great gamesmanship.

By: Ilham Martasyabana, penata panggung adegan ilustrasi siroh Nabawiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.