Bolehkah seorang wanita muslim bicara di depan publik ?

Bolehkah seorang wanita muslim bicara di depan publik untuk kepentingan dakwah jika dia memakai hijab ?

zakir naik

Mari kita simak Jawaban atas pertanyaan “Bolehkah seorang wanita muslim bicara di depan publik untuk kepentingan dakwah jika dia memakai hijab ?” menurut Dr Zakir Naik.

Selama berbicara di depan hadirin perempuan, tidak masalah. Namun jika pemirsanya terdiri dari laki-laki dan perempuan, terdapat beberapa pendapat yang berbeda. Ada beberapa pendapat ahli yang memperbolehkan wanita berbicara di panggung dengan pemirsa yang bercampur, ada juga beberapa ahli yang tidak setuju berdasarkan Quran dan Sunnah mereka mengatakan bahwa wanita tidak boleh bicara di publik yang bercampur (wanita dan laki-laki). Dan saya setuju dengan yang kedua, mengapa ?

Dikatakan di dalam Alquran Surat An-Nuur (23) ayat 30 :
“Katakanlah kepada lelaki beriman, hendaklah dia menjaga pandangannya.“.

Setiap kali seorang pria melihat wanita dan jika terlintas nafsu di pikirannya, dia harus menjaga pandangan. Jadi jika seorang wanita bicara di depan publik, dan pria menontonnya, maka pria harus menahan pandangannya.

Jika ada yang bilang, saya memandang perempuan dan tidak ada apapun yang terjadi, maka dia butuh dokter jiwa.

Jika seorang pria berbicara, banyak sekali wanita memandang saya, maka ada ayat selanjutnya An-Nuur ayat 31 menyuruh agar wanita untuk menahan pandangannya. Jadi sama halnya.

Ada pembuktian saintifik yang saya terima, ketika seorang pria memandang wanita, pupilnya membesar. Dibandingkan dengan wanita yang melihat laki-laki, pria secara seksual lebih bernafsu ketika dia melihat wanita, dibanding wanita yang sedang melihat pria.

Itu sebabnya di sekolah yang saya bina, lebih baik seorang pria mengajar di kelas yang bercampur. Lebih baik seorang pria mengajar sekumpulan wanita daripada seorang wanita mengajar sekumpulan pria

Ini terbukti secara sains. Jadi jika ada pemirsa wanita di sini yang melihat saya dengan pikiran yang lain, harap menjaga pandangannya

Tapi umumnya wanita tidak terlalu bernafsu jika melihat seorang pria berbicara, itu sebabnya saya lebih setuju kepada pendapat kedua, bahwa wanita berbicara di depan publik tidak dibenarkan.

Itu alasan di setiap tayangan PEACE TV, saya tidak pernah memandang seorang lawan jenis lebih dari 3 detik. Tidak ada dikatakan dalam Alquran atau Hadits aturannya harus 5 atau 2 detik. Ini ijtihad kami. Jadi maksimum hanya 3 detik agar tidak ada pikiran yang anaeh-aneh hadir.

Bagaimana wanita berdakwah ? Tidaklah perlu bagi pria atau wanita untuk naik panggung dalam berdakwah. Kamu bisa berdakwah di internet, kamu bisa menulis email, kamu bisa menulis buku, tidak masalah

Dalam berdakwah, dianjurkan laki-laki berdakwah pada laki-laki dan perempuan pada perempuan pria ke pria, wanita ke wanita

Di sebuah negara yang saya kunjungi, ada seorang pria muslim berdakwah di depan para wanita-wanita non muslim.

Ingat kata Rasulullah SAW :
“Jika ada pria dan wanita berada di tempat sepi, maka orang ketiganya adalah setan”.

Bahkan saya tidak bisa berdakwah kepada seorang wanita saja. Kami punya program dakwah di IRF (Islamic Research Fondation) acara empat mata, pria dengan pria dan wanita dengan wanita. Jika wanita itu tidak bisa diyakinkan dan harus bertatap wajah dengan saya, maka mahram saya harus ikut, istri saya harus ikut atau saudara perempuan saya harus ikut atau saudara laki-lakinya harus ikut dan tetap menjaga pandangan. INILAH ISLAM.

Kamu boleh berdakwah, namun tetap dalam aturan syariat Islam. Dan wanita tetap mendapat bagiannya. Di Bombay Wanita melakukan dakwah empat mata lebih banyak daripada pria. Di cabang kami di Bombay lebih banyak wanita yang masuk Islam dibandingkan pria.

Di IRF banyak sekali kegiatan yang mereka lakukan. Mereka melakukan kursus pra-nikah, menyambut Ramadhan, tadarus Quran, banyak sekali. Mereka punya seminar 3 hari, seminar 1 minggu dan ratusan ribu wanita telah bergabung, maa syaa Allah.

Namun, peraturannya harus pria dengan pria dan wanita dengan wanita.

Demikianlah atas pertanyaan “Bolehkah seorang wanita muslim bicara di depan publik untuk kepentingan dakwah jika dia memakai hijab ? menurut Dr Zakir Naik. Baca juga Artikel Pacaran Dalam Islam

 

Dr. Zakir Naik (Pakar Perbandingan Agama dan Da’i)
INILAH KEINDAHAN AJARAN ISLAM

admin

Writer, business person, Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *