membangun website yang menjual

Membangun Website yang Menjual

Posted on

Sudah punya website ? Jika jawabannya belum sudah saatnya anda harus mulai membangun website yang menjual sekarang juga. Sebuah website ibarat sebuah kebun, jika kebun kita subur maka mudah bagi kita untuk menanam beraneka ragam buah-buahan dan sayur-sayuran yang nantinya bisa dijual dan menghasilkan uang secara terus menerus. Begitu pula website, jika kita sudah memahami dan sudah memiliki tujuan yang jelas akan website yang akan dibangunnya maka kelak website itu akan menghasilkan uang bagi pemiliknya.

Unsur Pembangun Website

Website dibangun oleh dua komponen utama Hosting dan Domain kemudian dipermanis dengan adanya template atau theme yang didesain dengan futuristik dan eye catching, sejauh mata memandang.

Selain itu, khususnya untuk platform web WordPress adalah plugin. Alumni Kelas digital Plugin adalah sebuah program yang menambah fungsionalitas sebuah program utama. Plugin ini diinstall ke dalam ruang dashboard wordpress Website kita dengan tujuan berbagai macam. Misal ada plugin yang tujuannya adalah untuk SEO, ada plugin yang fungsinya untuk membuat form kontak, plugin share dan lain-lain.

Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi pendukung-pendukung website yang ditawarkan oleh pihak ketiga tergantung dan harus disesuaikan dengan kebutuhan kita. InsyaAllah akan kita bahas pada kesempatan lain.

Setelah semua selesai dan telah ada dalam website kita dalam rangka Membangun Website yang Menjual milik kita maka langkah selanjutnya adalah mengisi konten sesuai dengan niche website kita. Jika niche kita adalah kesehatan tentunya konten yang kita masukkan adalah yang membahas seputar kesehatan dan seterusnya.

Sampai tahap ini selesai sudah tahapan awal Membangun Website yang Menjual sebagai sebuah fondasi pertama. Tahap kedua adalah membangun reputasi website kita.

Membangun Reputasi Website

Reputasi = traffic = banyak dikunjungi orang

Sejak awal saya mengenal dunia internet hingga kini pembahasan yang tak pernah selesai dibahas oleh para ahli internet marketing adalah soal Traffic, Bagaimana meningkatkan traffic website. Banyak cara usaha meningkatkan traffic website, ada cara white ada cara black, kawan-kawan di dunia internet biasa menyebutnya cara Blackhat. InsyaAllah pembahasan lebih lanjut seputar meningkatkan traffic akan kita bahas pada tulisan saya selanjutnya. Kali ini saya hanya ingin menyoroti tema global dari sebuah website yang menjual.

Kembali ke tema kita yaitu traffic, tidak beda dengan dunia offline, misal era jaya-jayanya mall, pusat perbelanjaan dan sejenisnya. Dulu sebuah mall atau pusat perbelanjaan akan meraup untung besar dan dikenal khalayak ramai dan sering dikunjungi masyarakat apabila mall/pusat perbelanjaan ini mampu merayu massa untuk datang secara rutin ke sana. Maka diundanglah merk-merk yang menjadi pemain pasar di zaman itu seperti matahari, ramayana, gramedia dan sebagainya untuk mengisi ruang di mall atau di pusat perbelanjaan. Selain itu rayuan-rayuan maut seperti diskon, acara-acara musik, hiburan dan sebagainya rutin diadakan agar massa terikat untuk selalu datang ke sana.

Nah, ternyata ini juga yang harus dilakukan oleh seorang yang ingin membangun website yang menjual. Daya kreativitas kita harus selalu mengalir, karena pesaing saat ini melebihi persaingan yang ada saat zaman mall dulu, hitungannya perdetik akan ada website baru yang akan bersaing dengan kita. Luar biasa bukan….Inilah masa di mana kita harus selalu mengisi pikiran dan memori kita dengan sesuatu yang update mengikuti perkembangan zaman yang cepat berjalan. Sedikit saja kita ketinggalan maka akan semakin jauh kita dari persaingan alias terlempar dari kompetisi.

Ok, sampai sini dulu tulisan seputar membangun website yang menjual, karena waktu semakin larut, insyaAllah akan saya sambung dengan tulisan yang lebih detil tentang membangun reputasi website

Salam sukses dunia akhirat

 

Anas lee

Business Learner, Writer

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.