Memperkaya opsi tindakan

Menggali Opsi-opsi Tindakan Untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Posted on

Ketika engkau melihat seorang copet apa persepsimu terhadap si pencopet ? tahukah engkau bahwa dia mencopet agar bisa makan, untuk menghidupi keluarganya atau bahkan untuk membantu tetangganya yang sakit ?

Ketika engkau melihat tetanggamu kok sangat tidak welcome kepadamu apakah engkau langsung menvonisnya sebagai tetangga yang sombong? padahal dibalik perbuatannya itu dia ingin mendapat perhatian dari kita, dan dia adalah seorang yang sulit bergaul ?

Opsi tindakan terbaik untuk kehidupan yang lebih baik

Ternyata dibalik itu semua kita seringkali kekurangan opsi tindakan terbaik kita dalam mensikapi sesuatu. Si pencopet dan si tetangga yang kurang gaul hanya memiliki opsi itu dalam hidupnya. Secara mental dan fisik sejatinya dia adalah orang miskin. Mereka orang-orang yang memilih opsi tindakan yang tidak memberdayakan dirinya sendiri bahkan melanggar norma umum juga melanggar norma agama adalah orang-orang kalah. Sulit memberikan solusi kepada orang yang kalah sebelum bertanding. Terapi paling efektif buat orang-orang seperti ini adalah mengembalikan kondisi mental mereka (state of mind) kepada kondisi zero mind state yaitu kondisi nol, netral. Bilamana ini bisa dilakukan maka insyaAllah solusi apapun dapat membantunya untuk menata hidup lebih baik

Setiap apa yang dilakukan manusia sesungguhnya mengarah kepada tujuan positif/ tujuan yang baik. Namun masalahnya adalah kebanyakan orang memiliki opsi tindakan yang sedikit. Si pencopet hany berpikir bahwa hanya dengan mencopetlah cara untuk hidup dan memberi ma’syah kepada keluarganya. Dan untuk tetangga yang kurang mampu bersosialisasi merasa bahwa hanya dengan sikap terlihat sombong tidak mau bergaul lah opsi paling efektif baginya di balik kelemahannya untuk bergaul.

Maka berlatihlah untuk memperbanyak opsi opsi tindakan yang kita pilih dalam menghadapi suatu permasalahan apapun

Banyak membaca, banyak bergaul dengan orang dengan tingkat status apapun, usia, suku agama dan sebagainya sehingga referensi tindakan kita akan semakin kaya dan kita pun mudah memiliki opsi tindakan mana yang memberdayakan diri kita

Mari kita berlatih, apa opsi mu saat tidak punya se sen pun uang di kantongmu padahal anakmu butuh makan ?

Saat engkau tersakiti oleh seseorang apa opsi terbaikmu?

Tiba-tiba seorang kawan menelponmu dan bilang ingin pinjam duitmu, apa opsi terbaikmu?

Semakin kayakah opsi opsi tindakanmu sekarang ?

 

~ Pondok Cabe Tangsel~
~ Selasa, 3 oktober 2017~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.