Repetition is Mother of Skill

Simpelnya diartikan Pengulangan adalah ibunya Segala Keterampilan. Kalimat ini pertama kali saya dengar saat saya menjadi agen asuransi sekian tahun lalu.

Trainer yang dibayar perusahaan untuk memotivasi para agen ingin mengatakan kepada saya dan semua orang yang terjun ke dunia asuransi untuk memahami hukum jualan bahwa jualan asuransi adalah sebuah keterampilan/skill yang perlu dilatih melalui pengulangan demi pengulangan agar kita menjadi EXPERT.

Dalam aplikasi di dunia penelitian saat dulu belajar di MIPA Kimia UI, juga diajarkan agar melakukan suatu percobaan jangan hanya sekali, karena sulit mengukurnya. Lakukanlah beberapa reaksi kimia yang sama lalu dibuat rata-ratanya, sehingga lebih presisi.

Dan sekarang dalam dunia digital marketing ketemu lagi dengan yang namanya repetisi. Saat mempraktekkan FB ads tidak bisa hanya sekali langsung sukses meraup penjualan besar dan untung besar. Ada proses di mana kita melakukan SPLIT TEST, beberapa adset kita buat dengan target yang berbeda untuk melihat target mana yang mendekati asumsi yang telah kita buat, setelah dapat barulah kita fokus kepada target itu.

Sudah selesai ? gak juga. Dalam sosial kemasyarakatan, kita senang kan berkomunitas, zaman now berkomunitas diwakili oleh grup-grup sosial media seperti WA contohnya. Ternyata berkomunitas di WA juga sebuah latihan keterampilan. Ketrampilan memahami admin grup, apakah kita peka ketika ditegur saat kita melanggar rule Grup, belajar keterampilan memahami orang lewat tulisannya, memahami orang saat berbeda dengan kita dalam meposting tulisan di grup dan seterusnya.

Ada lagi ? masih ada.Di bulan April 2018 ini InsyaAllah I-TOP ingin mengadakan P-NLP Practitioner Certification Program selama 5 hari. Ternyata mengadakan sebuah event adalah sebuah keterampilan yang akan semakin terasah dengan terus mengadakannya. Melalui pengulangan-pengulangan lalu dievaluasi kemudian diperbaiki maka sekian tahun kemudian I-TOP akan menjadi EO yang handal sekaligus memiliki trainer-trainer P-NLP yang mumpuni dibidangnya.

Pak bambang pendiri Pesantren Properti Indonesia, adalah gurunya para developer properti yang kini banyak tersebar di berbagai kota murid-muridnya. Beliau telah mengalami tempaan bertahun sebagai seorang developert yang kini menjadikan beliau seorang ahli di bidang properti. Beliau adalah salah satu pendekar properti Indonesia. Apa rahasianya ? pengulangan-pengulangan yang terus dilakukannya, evaluasi dan kemudian mengulangi kembali dengan lebih baik dari sebelumnya.

Keberhasilan semua hal di atas haruslah melalui serangkaian pengulangan demi pengulangan yang dijalankan secara rutin, terjadwal, memiliki skenario yang rapi, pokoknya direncanakan dengan baik.

Tidak ada seorang pebisnis sukses dalam dua kali berbisnis saja. Puluhan bahkan ratusan transaksi dan penolakan demi penolakan dia hadapi

Begitu pula kungfu master. pukulan demi pukulan tendangan demi tendangan pasti dialaminya sebab repetisi menuju high-skill yang ingin dicapainya.

Tulisan ini saya tutup dengan perkataan seorang KENDO MASTER, DAN 10TH, MORIJI MOCHIDA :

Until I became 50 years old, I started my true KENDO, because I practiced KENDO with all my heart and spirit

This is high level of Skill

Jadi, ciptakanlah kesuksesanmu melalui pengulangan demi pengulangan hingga mengantarkanmu kepada puncak keberhasilan. Tidak menunggu kesempurnaan tetapi hampiri kesempurnaanmu dengan pengulangan demi pengulangan.

 

Tim I-TOP (Indonesia Tranceformation of Psychocreativity)

admin

Writer, business person, Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *